Susu Cegah Kehamilan dengan Komplikasi

Wanita hamil yang mengkomsumsi 4 gelas susu setiap harinya dapat menekan risiko terjadinya kelahiran bayi prematur atau bayi lahir meninggal, suatu penelitian yang dilakukan oleh WHO menjelaskan.

Secara keseluruhan, wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi kalsium setiap harinya sebanyak 1,2 gram.

WHO melakukan penelitian terhadap 8.300 wanita yang rutin mengkonsumsi kalsium, didapatkan mereka dapat menekan risiko terjadinya komplikasi yang berhubungan dengan kehamilan, risiko tersebut berkurang hingga 24%, risiko kelahiran bayi prematur berkurang hingga 20% dan risiko mendapatkan bayi lahir meninggal berkurang hingga 30%.

Dr. Villar mengatakan wanita di Scotlandia banyak yang kekurangan kalsium. Laporan yang didapatkan dari national diet dan nutrition survey mengatakan bahwa wanita yang tidak mengkonsumsi susu sebanyak 34% pada wanita usia 19-24 tahun, 51% pada wanita usia 25-34 tahun, dan sebanyak 57% pada wanita usia 35-49 tahun.

WHO mengatakan komplikasi berbahaya seperti hipertensi berat dan lepasnya plasenta sering terjadi pada mereka yang kekurangan kalsium saat hamil.

Dr. Villar, direktur WHO bagian maternal and perinatal health mengatakan mereka yang teratur minum yoghurt, minum segelas susu dan makan seporsi keju setiap hari sudah dapat menekan bahaya komplikasi pada ibu hamil dan janinnya.

wanita yang berusia dibawah 20 tahun lebih berisiko mengalami komplikasi dan sangat dianjurkan mengkonsumsi kalsium lebih banyak.

Semua wanita seharusnya mengkonsumsi setidaknya 1,2 gram kalsium selama mengandung.

Dr. Villar mengatakan wanita dapat memperoleh kalsium dari yoghurt, karena minuman tersebut memiliki kadar lemak yang lebih sedikit dibandingkan susu dan keju.
(idionline/Kalbefarma)