Rambut memang mahkota bagi siapa saja. Percayalah bahwa kalimat tersebut tidaklah berlebihan untuk menggambarkan seberapa pentingnya rambut dalam hidup seseorang.

Anda pun mau tidak mau akan mengakui bahwa rambut dapat membuat keajaiban kecil yang membuat Anda tampak lebih cantik ataupun seperti orang yang terdampar di sebuah pulau tanpa tersentuh peradaban kamar mandi.

Rambut yang bersahabat, tidak hanya enak dilihat karena modelnya atau warnanya yang membuat Anda tampil cantik, tapi juga kesehatannya. Untuk Anda yang berkerudung atau hobi sekali memakai topi, iklim dan udara yang panas dan lembap bisa merusak keindahan rambut yang jadi tidak sehat. Untuk menyiasatinya tidak terlalu susah kok, hanya butuh sedikit perhatian lebih untuk mahkota tersayang Anda.

Untuk bahan kerudung Anda, sebaiknya pilih yang mudah menyerap keringat, seperti katun atau kaos. Bahan ini memiliki pori-pori besar yang memudahkan sirkulasi udara dan keringat menguap keluar tidak tertahan di dalam.

Bila ingin tampil apik dengan kreasi kerudung yang model tumpuk, batasi lapisannya hanya sampai pada helai ke empat. Kerudung yang terlalu tebal akan membuat kulit kepala panas dan rambut lembap. Selain itu juga sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan tumpukan kerudung ini, batasi frekwensinya.
Anda memiliki rambut panjang ? Sebaiknya sih pelihara rambut Anda dengan panjang jangan melebih 60cm untuk menghindari Anda harus menggulungnya dalam bentuk sanggul kecil dalam kerudung. Selain itu, jangan mengikat rambut terlalu kencang juga.

Jika tidak ingin kulit kepala Anda berusaha keras berjuang melawan panas dan lembap, hindari warna gelap untuk kerudung atau jilbab. Warna gelap mudah menyerap matahari. Pilih warna terang atau putih bila Anda sering melakuka aktifitas outdoor.

Sekali lagi, tampil apik dengan kerudung yang gaya boleh-boleh saja. Tapi bila setiap hari Anda memengikat kerudung di bagian leher, berarti sirkulasi udara untuk rambut akan semakin terhambat. Lepas kerudung sehingga bagian tepinya menjuntai dan rambut dapat bernafas.

sumber : hanyawanita.com