Mencagah Batu Ginjal
Anda harus tahu bahwa kopi bersifat diuretik. Berhenti ditengah perjalanan untuk menikmati secangkir kopi hangat yang nikmat. Itu juga berarti, anda harus bersiap-siap untuk kembali berhenti mencari toilet.

Namun dengan efek stimulan ini dapat membuat ginjal anda bebas dari batu ginjal. Menurut para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa dengan minum kopi setiap hari dapat menurunkan resiko batu ginjal sampai 10% .

Napas Lebih Lega
Jika anda mengalami sesak napas, cobalah minum kopi untuk meghilangkan gejala tersebut. Menurut Dr Menaldi Rasmin Sp P(K), pulmonologis dan ketua pendidikan kedokteran berkelanjutan-FKUI, kafein merelaksasi dan memperkuat kerja tonus otot napas yang membantu paru-paru.

Sedangkan menurut Marshall Plaut, M D, ketua Divisi Alergi di Natonal Institute Allergy and Infection Disease, kafein bertindak meredakan ketegangan di percabangan trakea (bronkus).

Tapi bila anda penderita asma, apalagi lumayan parah, jangan buru-buru mengganti obat anda dengan kopi. Karena kopi bukan obat ajaib, menurut Dr Menaldi, untuk memperkuat otot-otot penunjang pernapasan anda, olahraga renang masih lebih baik daripada kopi.

sumber : perempuan.com