Semakin tua seseorang, tingkat kekencangan kulit pun semakin berkurang. Hal itu bisa dilihat jelas dengan kerutan atau keriput di wajah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Para ahli mengatakan faktor keriput ini sering kali menjadi masalah penting. Bukan hanya bagi kaum wanita, kaum pria pun demikian.

“Banyak wanita bahkan juga pria percaya bahwa penuaan pada kulit tak bisa dihindari, namun dengan informasi dan teknologi yang kita punya saat ini, Anda bisa benar-benar terlihat lebih muda seperti yang Anda rasakan,” ujar Robin Ashinoff, MD, ahli dermatologis Hackensack University Medical Center di New Jersey seperti dikutip detikhot dari webmd, Rabu (4/4/2007).

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil masalah penuaan kulit. Apa saja?

– Hindari matahari. Matahari bukan penyebab utama timbulnya keriput, hal itu juga sudah dibuktikan dengan banyak studi domenter. Namun lewat sebuah studi yang dilakukan oleh dokter bedah plastik Darrick Antell ditemukan bahwa sinar matahari tak kalah berbahaya dengan kulit yang terbakar. Batasi sinar matahari yang mengenai tubuh Anda dan keriput pun bisa sedikit dikurangi.

– Gunakan krim matahari. Jika Anda harus berada di bawah sinar matahari sebaiknya gunakan krim pelindung. Krim ini bisa melindungi Anda dari kanker kulit dan membantu mengurangi kerutan di waktu yang sama.

– Dilarang merokok! Penelitian ini sebenarnya masih kontroversi namun beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa rokok punya hubungan erat dengan kesehatan kulit. Teorinya, enzim yang dikeluarkan ketika merokok itu merusak kolagen dan elastin. Nah, kedua zat tubuh ini penting sekali untuk kelengkapan komponen kulit. Sebuah studi dari St. Thomas Hospital London membandingkannya lewat sepasang kakak adik. Buktinya, perokok punya risiko lebih banyak keriput dan dari non-perokok.

– Tidur yang cukup. Ahli dermatologi, Nicholas Perricone mengatakan ketika Anda tidak cukup tidur, tubuh lebih banyak memproduksi kortisol. Zat inilah yang merusak sel kult Anda. Tidurlah yang cukup sehingga tubuh memproduksi lebih banyak HGH (Human Growth Hormone) yang bisa membuat kulit elastis dan anti keriput.

– Atur posisi tidur. Hindari tidur dengan bagian wajah menempel pada bantal atau kasur Anda. Tidurlah telentang. Hindari tengkurap atau menghadap samping kanan kiri. Tanpa Anda sadari bagian wajah yang menghadap ke kasur itu akan tertindih selama tidur.

– Jangan sering berkedip atau memincingkan mata. Gerakan wajah yang berlebihan seperti berkedip atau memincingkan mata membuat otot wajah bekerja ekstra. Hal ini rupanya juga bisa memicu timbulnya keriput. Jika perlu gunakan kacamata untuk menghindari kulit daerah mata terkena sinar matahari dan berkedip terlalu sering.

– Konsumsi lebih banyak ikan dan kedelai. Kulit yang sehat butuh lebih banyak protein. Anda bisa mengkonsumsi lebih banyak ikat terutama ikan salmon. Kacang kedelai juga bagus untuk kulit. Suplemen tubuh yang berasal dari kedelai, ikan dan beberapa ekstrak teh dan tomat bisa memperbaiki struktur dan kepadatan kulit dalam waktu 6 bulan pemakaian.

– Ganti kopi dengan biji cokelat. Dari hasil studi, penelitian sempat menemukan bahwa cokelat mengandung dua zat penting untuk kulit dalam kadar yang cukup tinggi. Dua zat tersebut adalah epikatin dan katecin yang menyembuhkan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, membantu sirkulasi sel kulit, mempengaruhi hidrasi dan membuat kulit lembut.

– Jangan lupakan buah dan sayuran. Anda jangan sampai melewatkan mengkonsumsi zat-zat yang mengandung antioksidan. Buah dan sayur terbukti punya banyak antioksidan yang bisa membantu kesehatan kulit Anda. Tambahkan juga pelembab sebelum beraktifitas.

– Jangan keseringan membasuh wajah. Cuci muka penting. Namun jangan juga terlalu sering. Menurut seorang ahli kulit, kegiatan mencuci muka membuat orang kehilangan minyak dari wajahnya. Padahal jumlah minyak yang seimbang itu diperlukan untuk melindungi wajah.

sumber : detikhot.com