RUANGAN BER-AC DAPAT SEBABKAN KELESUAN

Gizi.net – SINGAPURA–MIOL: Tidur dalam ruangan tertutup dengan pendingin udara (air-conditioner=AC) dapat menyebabkan kelesuan dan sakit kepala, demikian hasil studi yang dilakukan selama dua tahun mengenai kebiasaan tidur yang dikeluarkan pada Rabu (5/11).

Kecenderungan umumnya menutup rapat ruangan justru mencegah limbah energi yang dihasilkan dalam penambahan karbondioksida, menurut hasil studi yang diterbitkan oleh harian The Strait Times.

Dr Wong Nyuk Hien yang memimpin sebuah tim yang mempelajari kebiasaaan tidur dari 300 orang Singapura mengatakan, resep sederhana untuk menanggulangi hal tersebut yakni membiarkan jendela sedikit terbuka, terutama bagi unit pendingin udara yang terpisah.

“Karena tidak ada udara segar yang masuk, maka engkau hanya akan bernapas dalam udara yang tidak bersirkulasi,” katanya.

Kelesuan dan kemungkinan menderita sakit kepala akan dialami pada hari berikutnya sebagai akibat penggunaan pendingin udara dalam ruangan tertutup.

Tidur dengan pendingin udara juga menyebabkan pernapasan terhambat dan tenggorokan kering pada pagi hari, selain kulit menjadi kering. (DPA/Ant/O-1)

Sumber : Media Indonesia, Sabtu, 08 November 2003
http://www.mediaindo.co.id