Jambu biji atau yang lebih populer dengan nama jambu klutuk ini memang tidak susah di jimpai. Mulai dari pasar tardisional, pedagang pikulan sampai ke pasar modern seperti supermarket dan hypermarket semua ada jambu klutuk.
Dimakan biasa, dibuat rujak atau dijus semua bisa dan rasanya itu loh manis, segar dan agak asem-asem sedikit, pokoknya dijamin enak dan segar. Siapapun pasti tergiur dengan buah yang satu ini mulai dari anak-anak, orang muda sampai dengan yang tua.

Selain karena rasanya yang enak, buah yang tergolong murah meriah ini sangat kaya manfaatnya bagi tubuh Anda. Mungkin yang sering Anda dengar kalau jambu klutuk ini mampu mengobati penyakit deman berdarah. Padahal selain itu masih banyak sekali manfaat jika Anda mengkonsumsi buah yang satu ini. Mau tau manfaat apa saja dari jambu biji ini?
Jambu biji yang kaya kandungan vitamin C nya ini mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti memerangi radang, menghentikan pendarahan, menurunkan kolesterol, menyembuhkan sariawan, diabetes, keputihan, sakit maag, sakit kulit, perut kembung pada anak dan masih banyak lagi. Tanin zat yang terdapat dalam jambu klutuk ini juga dipercaya dapat memperlancar sistim pencernaan, sirkulasi darah dan berguna menyerang virus. Hebat kan?

Sampai disitu saja manfaat dari buah jambu biji? Oh ternyata tidak loh. Ternyata daun jambu klutuk saja pun dapat berguna bagi tubuh Anda. Daun jambu klutuk yang mengandung zat tanin ternyata mampu mengurangi kontraksi usus sehingga mampu menghentikan diare dan satu lagi khusus untuk penyakit perempuan keputihan.

Nah, tunggu apa lagi, ayo jangan ragu untuk makan jambu biji. Sudah murah banyak banget kan manfaatnya, apalagi untuk menemukan buah disini tidak sulit.

sumber : hanyawanita.com