Mengonsumsi ikan sejak anak-anak bukan hanya membuat otak menjadi lebih cerdas dan tubuh menjadi lebih sehat. Menurut berbagai kajian, ikan juga mampu mencegah timbulnya beragam penyakit.

Salah satunya yang dianjurkan adalah mengonsumsi ikan teri, sayur-sayuran, dan buah-buahan setiap hari untuk mencegah keropos tulang (osteoporosis) di masa tua. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Ahmad Sujudi beberapa waktu lalu.

“Saat ini rata-rata penduduk Indonesia hanya mengonsumsi 254 mg kalsium per hari, padahal kebutuhan kalsium 1.000 mg per hari per orang untuk memperkuat tulang,” katanya. Oleh karena itu, harus memperbanyak makanan yang banyak mengandung kalsium seperti halnya ikan teri.

Sebuah kajian lain mengungkapkan bahwa penguatan tulang bisa dilakukan dengan berolahrarga secara teratur. Gerak olah fisik secara rutin akan melatih tulang sehingga memiliki respons yang baik terhadap beban yang dipikulnya.

Selain menganjurkan makan ikan teri, Menkes juga mengatakan bahwa kurangnya kalsium dalam tubuh bisa disebabkan oleh konsumsi rokok dan alkohol. Jadi kalau tidak ingin keropos di hari tua, sebaiknya hindari rokok dan alkohol. (L-11)

Sumber : http:/www.suarapembaruan.com