Pepaya. Siapa sih yang tidak kenal buah satu ini? Dimakan begitu saja dalam keadaan dingin ataupun dirujak, sama saja segarnya. Pepaya yang juga terkenal sebagai menu favorit untuk memperlancar pencernaan, atau ‘pembuangan’, tepatnya, memang mengandung banyak zat yang bermanfaat tinggi.

Tidak hanya buahnya, bahkan daun dan bijinya pun bisa berguna. Kandungan enzim papain, alkaloid karpaino, psudokarpaina, glikosid, karposid dan saponin, sakarosa, dekstrosa serta levulosa pada daunnya ternyata memiliki khasiat utnuk mengatasi jerawat. Jadi tidak hanya enak untuk disayur saja, daun pepaya pun bisa membantu Anda lebih percaya diri.
Terkesan sangat tradisional memang, mengingat begitu banyak obat jerawat yang diproduksi dalam segala varian. Tapi jika Anda memang mencari yang bisa cukup diandalkan untuk mengurangi jerawat nakal di wajah, mungkin racikan dari daun pepaya ini bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Sediakan saja :
2-3 lembar daun pepaya tua

Cara meracik?
Meraciknya pun sangat sederhana, cukup ambil beberapa lembar daun pepaya tua yang telah disediakan tadi dan tumbuk sampai halus. Bila sudah halus, tambahkan kira-kira satu setengah sendok air.
Aplikasikan pada kulit wajah Anda layaknya sedang memakai bedak, terutama pada bagian yang berjerawat.
Selamat mencoba!